Bob Iger, Pengendali Kerajaan Hiburan Walt Disney

Bob Iger, Pengendali Kerajaan Hiburan Walt Disney

265
0
banner 300x250

Bob Iger yang dilahirkan di Oceanside, New York, 10 Februari 1951, pengendali kerajaan bisnis hiburan terbesar di dunia, Walt Disney. Iger mengawali kariernya di sebuah TV lokal sebagai pembaca ramalan cuaca. Karena profesinya itu sebagian orang mungkin memandangnya dengan sebelah mata. Ingin mengubah nasib menjadi lebih baik, Iger kemudian mencoba mengadu peruntungan di tempat lain. Ia diterima bekerja di stasiun televisi ABC tahun 1974. Di tempat ini kariernya terus melejit. Dari orang biasa berubah menjadi orang istimewa. Berawal sebagai supervisor studio, dia kemudian menduduki jabatan presiden stasiun TV tersebut tahun 1993-1996.

Bob Iger

Yang lebih menakjubkan lagi adalah posisinya itu tak bergeser setelah Disney mengakuisisi ABC. Iger tetap dipercaya sebagai Presiden ABC. Ini berarti singgasananya tak goyang. Bahkan kariernya terus melesat hingga ditunjuk sebagai Presiden Walt Disney International dan Chairman ABC Group pada 1999. Tanggal 13 Maret 2005 Iger diangkat menjadi CEO Disney.

Beberapa bulan sesudah dilantik menjadi CEO, Iger harus mengambil keputusan monumental: membeli Pixar dengan saham seharga US$ 7,4 miliar. Akuisisi ini disebut monumental bukan hanya karena nilainya yang besar, tapi juga menghilangkan pembatas antara dua kekuatan dari dua perusahaan dan dua kelompok pemegang saham.

Pixar memiliki kekuatan di sektor produksi film animasi, sedangkan kekuatan Disney di bidang distribusi. Dengan adanya akuisisi ini, kedua perusahaan fokus pada tujuan yang sama.

Sebagai CEO Disney, Iger sukses melakukan ekspansi secara internasional, dan juga berhasil melakukan inovasi teknologi dan memperbaharui fokus Disney dengan menjadikan animasi tradisional sebagai prioritas utama strategi perusahaan.

banner 300x250

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY