Kemendagri Gelar Kegiatan Rakor Nasional Forum Kerukunan Umat Beragama

Kemendagri Gelar Kegiatan Rakor Nasional Forum Kerukunan Umat Beragama

8
0
banner 300x250

JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri pada hari Rabu (18/4/2018) akan menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi dan Kabupaten/Kota yang diadakan di Hotel Bidakara Jl. Jend. Gatot Subroto, Pancoran Jakarta Selatan, pukul 08.00 WIB s.d. selesai.

Rakornas FKUB bertema “Peningkatan Peran dan Fungsi FKUB Dalam Rangka Menjaga Harmoni Kebangsaan Guna Mendukung Suksesnya Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019” dijadwalkan akan dibuka secara resmi oleh Menko Polhukam, Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Wiranto, SH, MM.

Menurut Direktur Ketahanan Ekonomi Sosial dan Budaya Kemendagri, Drs. Lutfi TSM. M.Si, maksud dan tujuan penyelenggaraan Rakornas ini pertama yaitu untuk membangun dan menjalin kemitraan dan hubungan yang harmonis antara Pemerintah, Pemerintah Daerah dengan FKUB guna menciptakan kesepahaman dan menyamakan persepsi dalam rangka memperkuat toleransi dan kerukunan umat beragama.

Kedua, memperkuat komitmen Pemerintah Daerah dalam penanganan persoalan keagamaan di daerah dan pemberdayaan FKUB.

Ketiga, meneguhkan komitmen kebangsaan para tokoh agama dalam melaksanakan etika kehidupan beragama serta meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu  Tahun 2019.

Rakornas FKUB juga bertujuan untuk meningkatkan peran dan fungsi FKUB Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam menjaga harmoni kebangsaan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Rakor ini akan dihadiri oleh 1.200 peserta terdiri dari: Kementerian/Lembaga terkait, Pemerintah Daerah, Wakil Gubernur selaku Ketua Dewan Penasehat FKUB di seluruh Provinsi dan, Kaban/Kakan Kesbangpol Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, Ketua FKUB Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, serta Pejabat di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri.

Peserta memperoleh pembekalan berupa Arahan dari para Pejabat Negara. Pengarahan dan Pembukaan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI, Wiranto. Menteri Dalam Negeri RI, Tjahyo Kumolo akan memberikan paparan Pemberdayaan FKUB Guna Mendukung Suksesnya Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Persiapan Pemilu Tahun 2019. Menteri Agama RI, Lukman Hakim: ”Peningkatan Peran dan Fungsi FKUB Dalam menjaga Harmoni Kebangsaan Guna Mendukung Suksesnya Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Persiapan Pemilu Tahun 2019.”

Jaksa Agung RI, diwakili Jamintel, DR. Jan S, Marinka akan mengulas soal ”Peran Kejaksaan Agung Dalam Pembinaan Aliran Keagamaan dan Kepercayaan dalam rangka menjaga Stabilitas Nasional.” Ketua DPR-RI, Bambang Soesetyo membahas ”Arah Kebijakan DPR RI Dalam Mendukung Peningkatan Kerukunan Umat  Beragama” Ketua DPD RI, Osman Sapta Odang mengulas ”Peran DPD RI Dalam Dalam Mendukung Peningkatan Kerukunan Umat  Beragama.”

Dari Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Ma’ruf Amin memaparkan “Peran Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan membahas tentang Dalam menjaga Harmoni Kebangsaan Guna Mendukung Suksesnya Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Persiapan Pemilu Tahun 2019”.

Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI), Pdt. DR. Henriette H. Lebang membahas “Peran Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) Dalam menjaga Harmoni Kebangsaan Guna Mendukung Suksesnya Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Persiapan Pemilu Tahun 2019.”

Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) diwakili oleh Sekretaris Komisi Kerasulan Awam KWI, Romo P.C. Siswantoko, Pr mengulas “Peran Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Dalam menjaga Harmoni Kebangsaan Guna Mendukung Suksesnya Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Persiapan Pemilu Tahun 2019”

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) diwakili oleh Ketua Bidang Ideologi dan Kesatuan Bangsa (PHDI) oleh Drs. Nyoman Udayana Sangging, SH, MH.

“Peran Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Dalam menjaga Harmoni Kebangsaan Guna Mendukung Suksesnya Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Persiapan Pemilu Tahun 2019”

Ketua Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI) diwakili oleh Ketua Harian Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI), Dr. RUSLI, SH, MH mengulas “Peran Perwakilan Umat Budha Indonesia (WALUBI) Dalam menjaga Harmoni Kebangsaan Guna Mendukung Suksesnya Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Persiapan Pemilu Tahun 2019.”

Ketua Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN), Drs. Uum Sendana, SH, M.Ag membahas “Peran Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) Dalam menjaga Harmoni Kebangsaan Guna Mendukung Suksesnya Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Persiapan Pemilu Tahun 2019.”

Kemendagri mengharapkan, agar Rakornas FKUB dapat menghasilkan rekomendasi dalam mendukung pemberdayaan FKUB dan pemeliharaan kerukunan umat beragama di daerah. Dari Rakornasi FKUB ini rekomendasi yang diharapkan yaitu:

Pertama, pemerintah Daerah agar memberikan perhatian dan dukungan anggaran terhadap FKUB sehingga dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal.

Kedua, FKUB diharapkan dapat menjaga netralitas dan berperan aktif dalam menciptakan suasana rukun dan damai mensukseskan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Persiapan Pemilu Tahun 2019.(Zul)

banner 300x250

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY