Pertama Kali, Wanita Saudi Bangga Bisa Jogging di Jalanan

Pertama Kali, Wanita Saudi Bangga Bisa Jogging di Jalanan

57
0

SAUDI – Hari Perempuan Sedunia yang diperingati tanggal 8 Maret setiap tahunnya turut dirayakan para perempuan di Arab Saudi tahun ini. Di Jeddah, peringatan tersebut dirayakan dengan kegiatan jogging bersama.

Pemerintah Saudi memperkenalkan pendidikan jasmani untuk perempuan terhitung sejak tahun lalu dan mulai melisensikan klub olahraga wanita. Meski demikian, wanita berlari di jalan umum masih dianggap aneh bagi sebagian masyarakat setempat.

“Ini baru permulaan sebuah revolusi bagi perempuan di Arab Saudi. Dalam pekerjaan, kehidupan dan masyarakat. Semuanya akan berubah untuk wanita Saudi,” kata seorang mahasiswi bernama Sama Kinsara.

Sementara Yasmine Hassan, Anggota kelompok Bliss Runners yang mengorganisir acara tersebut mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan perempuan.

“Pesan yang disampaikan lewat acara ini ‘Ayo, anda tidak sendiri, kita akan melakukan ini bersama dan sekaranglah saatnya’. Semoga tahun depan akan lebih banyak hak yang diberikan kepada wanita Saudi, yang memang pantas kita dapatkan,” kata Hassan dikutip dari Reuters.

Tahun ini menjadi momen penting bagi wanita Saudi setelah Pangeran Mahkota Mohammed bin Salman melakukan reformasi menghapus sejumlah batasan penting untuk hak perempuan. Wanita Saudi kini bisa menonton langsung pertandingan sepak bola, berpartisipasi dalam olahraga dan diizinkan mengendarai mobil sendiri. (Viva.co.id)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY