Simpoldagri Bermanfaat dalam Membangun Stabilitas Politik di Daerah

Simpoldagri Bermanfaat dalam Membangun Stabilitas Politik di Daerah

51
0
banner 300x250

YOGYAKARTA –  Direktorat Politik Dalam Negeri, Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kembali melaksanakan kegiatan Forum Diskusi  Publik Dalam Rangka Analisis dan Evaluasi Bidang Politik Dalam Negeri melalui Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Politik Dalam Negeri (Simpoldagri) .

Kegiatan yang  diikuti oleh kepada jajaran kesbangpol provinsi, kabupaten, kota dari prov  di Yogyakarta dan Provinsi Jateng dan pemerhati pemilu  serta lintas forum seperti  FKDM, FKUB dan FPK .ini diadakan di Hotel Atrium Resort, kota Yogyakarta, Senin (9/4/2018)

Sejumlah Narasumber ikut memperkaya wawasan peserta. Mereka terdiri dari Pakar Kepemiluan, Dian Permata, Kasubdit Implementasi Kebijakan Politik, Drs. Bangun Sitohang, MM, Kepala Badan Kesbangpol Prov DI Yogyakarta, dan Tim Aplikasi Simpoldagri dari Pusdatin Kemendagri, Amoresa Lionar.

Dalam paparannya, Bangun Sitohang menekankan  pentingnya  forum dialog yang melibatkan tokoh masyarakat serta jajaran kesbangpol di daerah adalah saling keterkaitan dalam pemantauan situasi politik di daerah, dalam hal mana Ditjen Polpum juga menyiapkan aplikasi simpoldagri sebagai bentuk digital informasi hasil pemantauan, Sehingga selanjutmya mempercepat masuknya informasi politik yang perlu diambil langkah kebijakan penanganannya. Melalui Simpoldagri ini nantinya  kesbangpol memiliki informasi pemantauan situasi politik yang cepat dan didukung data yang objektif demi kepentingan nasional.

Sementara itu, Dian Permata sebagai pegiat politik dan demokrasi menekankan pentingnya partisipasi politik masyarakat dalam pembangunan demokrasi. Menurutnya.  kita perlu belajar dari statistik politik yang tergambar perkembangan dinamika politik. Dian mengajak peserta agar juga mempelajari matematika politik agar kita objektif melihat setiap peristiwa politik, misal pada pilkada dan pemilu.

Adapun paparan terakhir yaitu dari Kaban kesbangpol Prov. DI Yogyakarta menyambut baik dan apresiasi dilaksanakannya kegiatan forum diskusi politik dalam negeri di kota yogyakarta, yang sekaligus juga menghadirkan kabidpol dan operator aplikasi simpoldagri sebagai  penyusunan laporan situasi politik di daerah dengan dukungan Tim Pusdatin Kemendagri , yang diwakili Amoresa Lionar yang selama ini juga ikut membimbing operasional teknis aplikasi.(Endi)

 

banner 300x250

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY