Berantakan Usai Libur Lebaran, Simak 8 Tips Mudah Bersihkan Rumah

Jakarta – Banyaknya tamu baik kerabat atau teman yang singgah untuk bersilaturahmi saat Lebaran, membuat tumpukan piring kotor menjadi beban setiap penghuni. Ditambah lagi para petugas kebersihan biasanya ikut libur sehingga membuat sampah menumpuk. Kekesalan bisa bertambah jika banyak remah-remah sisa makanan kotor jatuh di lantai, atau langkah kaki kotor akibat anak-anak bermain dengan banyak sepupunya.

Lebaran memang sudah usai, namun pekerjaan rumah yang sesungguhnya menanti untuk segera dibereskan. Ingat, jangan ditunda. Sebab kebersihan rumah akan menciptakan kenyamanan dan kesehatan bagi penghuninya. Lalu bagaimana caranya agar tidak malas, harus memulai dari mana? Ruang tamu atau dapur? Dilansir dari Cleanipedia, Minggu (9/6), ada beberapa tahapan untuk membersihkan rumah pasca Lebaran.

Berbagai cara untuk ‘menyingkirkan’ tumpukan makanan dengan niat beramal juga bisa membantu meringankan beban agar rumah lebih bersih. Beramal dengan mempekerjakan asisten rumah tangga infal atau tetangga yang membutuhkan, juga bisa menjadi solusi. Apa saja?

Berikan Kepada Duafa

Kue-kue yang berlebih daripada mubazir bisa diberikan kepada duafa yang membutuhkan. Carilah masjid atau tetangga yang membutuhkan untuk memberikan mereka kue beberapa toples atau sirup yang masih tersegel dan menumpuk di rumah.

Bersihkan Lemari Pakaian

Pakaian baru yang dibeli untuk Lebaran pasti menambah jumlah tumpukan pakaian di lemari. Maka pilah pakaian lama yang sudah usang dan tak terpakai lagi. Kemudian singkirkan.

Bersihkan Lantai

Ilustrasi membersihkan lantai rumah usai Lebaran. (Clean My Space)

Bersihkan tumpahan dan segera atasi noda di lantai atau karpet. Vakum atau sapu lantai terutama di area ruang tamu, ruang makan dan dapur.

Siapkan Tempat Sampah

Siapkan tempat sampah kosong di depan rumah untuk membuang sampah sisa makanan yang belum terangkut tukang sampah. Sehingga sampah tak disimpan di dalam rumah.

Bersihkan Toilet

Setiap tamu yang datang umumnya menumpang ke toilet. Maka banyaknya tamu silih berganti memakai toilet membuat toilet harus segera dibersihkan. Periksa stok kertas toilet dan kotak tisu. Bersihkan toilet dan wastafel tangan.

Siasati Sisa Makanan

Beruntung jika memiliki microwave di rumah. Anda bisa menyimpannya di lemari es kemudian menghangatkannya di microwave. Kemudian perhatikan sisa bahan makanan yang tersedia di kulkas. Biasanya pasar atau pedagang sayur ikut libur saat musim Lebaran. Maka catatlah kebutuhan makanan apa saja yang harus dibeli di pasar swalayan.

Pakaian

Binatu atau laundry biasanya juga ikut libur. Cicil mencuci pakaian sendiri di rumah, atau masukkan pakaian kotor ke dalam kantong plastik terpisah yang akan dibawa ke laundry di kemudian hari.

Piring Kotor

Pastinya piring kotor adalah tugas utama yang harus dibersihkan. Sebab piring kotor tak bisa menunggu lama. Maka pastikan untuk cuci, keringkan, dan simpan kembali semua piring dan alat makan. Mengembalikan barang pecah belah yang dipinjam atau kembalikan lagi ke tempatnya. (Jawapos.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *