Brigjenpol (Purn) DR. Parasian Simanungkalit, SH, MH Terbutkan Buku Jiwa, Semangat, dan...

Brigjenpol (Purn) DR. Parasian Simanungkalit, SH, MH Terbutkan Buku Jiwa, Semangat, dan Nilai Juang ’45

62
0

JAKARTA – KETUA Umum Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba, Tawuran, dan Anarkhis (DPN GEPENTA), Brigjenpol. DR. Drs. Parasian Simanungkalit, SH, MH., meluncurkan Karya Buku berjudul “Jiwa, Semangat dan Nilai Juang ’45”

Peluncuran Buku ini dihadiri Direktur Binmas Polda Metro Jaya Kombes Ulung Sampurna, Kasubdit Ormas Kesbangpol DKI Jakarta, Eliazer, SE, Pengurus DPN GEPENTA, DPW Propvinsi DKI Jakarta, DPP Banda Aceh, DPK Gepenta Kab. Bekasi,  Gepenta Kab. Bogor, Puluhan anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), dan puluhan mahasiswa dari pelbagai perguruna tinggi.

“Pembuatan buku Jiwa, Semangat dan Nilai Kurang ’45 ini bertujuan untuk mengisi kekosongan literatur yang berisis tentang pandangan pelaku sejarah terkait dengan pewarisan nilai-nilai pahlawan,” ujar Ketum Gepenta, Parasian ketika memberikan paparan di Gedung KNPI Jakarta, Minggu (24/2/2019) .

Menurut Parasian, saat ini memang sudah banyak para pelaku sejarah dari kalangan anggota LVRI atau sejarahwan yang menulis tentang sejarah peperangan baik sebelum kemerdekaan maupun sesudah kemerdekaan. Namun, yang menulis tentang jiwa, semangat dan nilai-nilai juang pahlawan para pahlawan itu masih belum ada.

Dia menuturkan, ihwal penulisan buku  Warisan Pahlawan ini berasal dari Penulisan Pusi berjudul Warisan Pahlawan. Dari situ, Parisian kemudian melakukan riset dan studi kepustakaan yang memakan waktu hingga 1 tahun masa penulisannya.

Dari puisi inilah saya terinspirasi untuk menulis buku. Saya tidak ada waktu untuk berleha-leha saya harus terus membaca da menulis agar ketika saya meninggal ada Warisan saya tinggalkan kepada bangsa dan negara.

“Saya mengharapkan seluruh Veteran nantinya bisa menjadi penceramah dari buku ini guna mewsriskan semangat perjuangan kepada seluruh generasi muda,” harapnya.

Sementara itu, Ketua 2 LVRI, Kolonel (Purn) Marinir Siswantoro buku ini sangat berguna bagi generasi muda untuk mengetahui nilai-nilai dan semangat juang para pahlawan.

“Buku ini wajib dibaca oleh generasi muda. Saya mengapresiasi Pak Parasian menulis buku ini,” papar Siswantoro.  (Zul & Endi)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY