Cegah Difteri, AMPI DKI Gelar Kegiatan Gerakan AMPI DKI Sehat

Cegah Difteri, AMPI DKI Gelar Kegiatan Gerakan AMPI DKI Sehat

157
0

JAKARTA – Berdasarkan data yang dihimpun di wilayah provinsi DKI Jakarta, di sepanjang 2017 lalu terjadi sebanyak 109 kasus difteri di seluruh penjuru wilayah. Sedangkan pada awal tahun 2018 bedasarkan data Kementrian Kesehatan, sudah terdapat 46 kasus baru ifteri yang dilaporkan dari 7 provinsi, salah satunya adalah DKI Jakarta. Dikarenakan adanya lonjakan tersebut, kasus difteri di DKI Jakarta pun berstatus kejadian luar biasa (KLB) sehingga ini membutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk turut berpartisipasi dalam usaha penanggulangan difteri secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Menjawab hal tersebut, pada Minggu pagi (18/2/2018) DPD AMPI DKI Jakarta mengadakan gerakan #AMPIDKISEHAT bersama dengan berbagai lapisan dan elemen masyarakat dan warga sekitar. Gerakan tersebut dilaksanakan berpusat di kantor DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Cikini, Jakarta Pusat.

Dengan fokus utama pada acara penyuluhan dan penyuntikan vaksin Difteri, gerakan ini merupakan salah satu bentuk usaha AMPI DKI Jakarta dalam mendukung program prioritas pemerintah pusat dan DKI Jakarta yaitu Outbreak Response Immunization (ORI) dan Antidifteri Serum (ADS) untuk pengobatan pasien difteri yang membutuhkan, khususnya di DKI Jakarta.

Di sela acara, Gaya Kartasasmita selaku Ketua DPD AMPI (Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia) DKI Jakarta juga menyampaikan kepada masyarakat provinsi DKI Jakarta akan bahaya difteri bukan hanya pada kalangan anak-anak namun juga orang dewasa. Sehingga, untuk merealisasikan dukungan mereka terhadap pemerintah, DPD AMPI DKI Jakarta membantu dengan melakukan pemberian vaksin difteri massal secara gratis kepada masyarakat DKI Jakarta, khususnya kepada orang dewasa di atas usia 19 tahun melalui acara #AMPIDKISEHAT.

Acara yang diawali dengan olahraga lari pagi bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno ini, lalu dibuka secara seremonial dengan melakukan diskusi mengenai pentingnya menjaga gaya hidup sehat & menjadi pemuda yang membawa pembaharuan serta perubahan penting untuk bangsa sebagaimana yang disampaikan oleh Dito Ariotedjo selaku Ketua Umum DPP AMPI, lalu dilanjutkan dengan mengajak masyarakat untuk berolahraga zumba bersama.

Pemberian vaksin difteri terlaksana melalui kerjasama antara DPD AMPI DKI Jakarta dengan KARTINI AMPI yang diketuai oleh Andi Fauziah Pujiwatie Hatta (Ichi). Dalam kesempatan yang sama, baik Gaya dan Ichi menyampaikan, bahwa kegiatan ini diharapkan dapat berjalan secara kontinyu dan dapat ditiru oleh lainnya, sehingga dapat menyentuh dan memberikan pengaruh yang baik secara langsung ke masyarakat yang membutuhkan. (zul)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY