oleh

Jokowi Panggil Jokowi 3 Wanita. Tak Ada Susi & Rini. Mungkinkah Mereka Diganti?

-Liputan-25 views

Jakarta – Presiden Joko Widodo masih melangsungkan drama pemanggilan calon menteri sampai hari ini. Sejak kemarin beberapa sosok dan nama sudah hadir ke Istana Negara, tapi baru ada 3 wanita yang resmi dipilih mengisi kursi menteri di kabinet baru pemerintahannya.

Kemarin sebenarnya sudah ada sosok perempuan berkemeja putih dan datang ke istana, yakni Bupati Minahasa Selatan Christiany Euginia Paruntu atau dikenal sebagai Tetty Paruntu. Tapi, belakangan diketahui ia tidak sampai menghadap Presiden Jokowi.

Hari ini agak beda, sosok-sosok wajah familiar kembali hadir ke istana. Mengenakan kemeja putih dan celana hitam, dua diantaranya adalah sosok perempuan yang sudah dikenal publik dan menjabat sebagai menteri sebelumnya.

Keduanya yaitu Sri Mulyani terpilih kembali sebagai Menteri Keuangan dan Siti Nurbaya yang kembali akan menjabat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Siti Nurbaya dihubungi oleh pihak Istana semalam. Siti Nurbaya mengungkapkan jika dirinya akan menjabat lagi menjadi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk periode keduanya.

“Dipercaya itu adalah satu penghargaan dan penghormatan luar biasa bagi saya. Jabatan adalah kepercayaan mempermudah kerja atasan,” katanya di Istana Negara, Selasa (22/10/2019).

3 Wanita Dipanggil Jokowi Jadi Menteri, Tak Ada Susi & Rini Foto: Siti Nurbaya tiba di Istana Negara, Jakarta (22/10) (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Sementara, Sri Mulyani masih dipercaya duduk di kursi menteri keuangan (Menkeu). Bahkan Sri Mulyani mengaku dapat pesan khusus dari Jokowi untuk menyampaikan posisinya, tanpa menunggu pengumuman dari Jokowi pada Rabu besok.

Sri Mulyani datang pagi ini sekitar pukul 09.00 WIB. Sekitar satu jam setengah, Sri Mulyani keluar dari Istana dan menyampaikan pernyataan.

3 Wanita Dipanggil Jokowi Jadi Menteri, Tak Ada Susi & Rini Foto: Sri Mulyani (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

“Tadi saya menghadap Pak presiden dan mendengarkan arahan beliau dari sisi apa yang ingin dicapai pada periode kepemimpinan Pak Presiden Joko Widodo dan Kiai Ma’ruf. di bidang ekonomi terutama seperti yang disampaikan presiden kemarin (pidato pelantikan) gimana kita terus bekerja untuk menciptakan kesempatan kerja jadi gimana kita terus mendorong perekonomian kita agar mampu untuk terus meningkatkan kualitas peningkatan kesempatan kerja,” ucapnya.

Selain mereka berdua, tampak satu lagi sosok wanita yang sambangi istana yakni Ida Fauziyah. Politikus Partai Kebangkitan Bangsa ini datang hampir bersamaan dengan Fachrul Razi. Tak banyak yang diutarakannya terkait pemanggilan tersebut.

3 Wanita Dipanggil Jokowi Jadi Menteri, Tak Ada Susi & Rini
Foto: Ida Fauziah (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

“Saya tidak tahu,” kata Ida singkat perihal posisi apa yang akan ditempatinya kelak. “Saya akan jelaskan ke pak Jokowi, saya kira pak Jokowi tahu tentang saya,” lanjutnya.

Selain Siti dan Sri Mulyani, sampai berita ini diturunkan jajaran menteri perempuan di kabinet kerja pertama Jokowi belum ada yang tampak di istana. Di antaranya adalah Susi Pudjiastuti dan Rini Soemarno, apakah berarti mereka akan diganti? (Cnbcindonesia.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed