Kesbangpol DKI Jakarta Harapkan Ormas Tingkatkan Perannya di Masyarakat

Kesbangpol DKI Jakarta Harapkan Ormas Tingkatkan Perannya di Masyarakat

83
0

CIPAYUNG –  BADAN Kesatuan Bangsa dan Politik DKI Jakarta (Kesbangpol) DKI Jakarta menilai posisi Pemuda menempati peranan yang strategis sebagai mitra pemerintah dalam memajukan Kota Jakarta.

Karena itu,  dalam rangka mengoptimalkan peran pemuda Kesbangpol DKI menggalang Kegiatan Peningkatan Peran Organisasi Kemasyarakatan dalam Pembangunan Angkatan 7 tahun 2018 di Hotel Ria Diany, Cipayung, Jawa Barat, Selasa (2/10/2018).
Plt. Kesbangpol DKI Jakarta Drs. Taufan Bakri, M.Si dalam sambutan pembukaannya sekaligus dalam penyampaian materi Pemuda menjadi faktor penggerak pembangunan dari tingkat RT,  RW 3 hingga peran-peran strategis lainnya.
Taufan menjelaskan jiwa kaum muda yang dinamis, pemberani dan berlatar belakang etnis sosial ekonomi budaya yang berbeda dari sisi agama, status sosial ekonomi, etnis, dan pendidikan ini bisa menjadi faktor positif dalam memajukan pembangunan dan sebaliknya bisa menjadi faktor pemicu konflik.
Dia menjelaskan, nilai-nilai positif dari budaya kita seperti mandiri, gotong royong, menghargai kearifan budaya lokal, pantang menyerang dan menghormati ada-istiada bisa menjadi faktor positif untuk memajukan bangsa, Sebaliknya, budaya ego internal ormas yang merasa dirinya lebih baik dari yang lain bisa menjadi pemicu konflik, Hal ini baru saja terjadi beberapa waktu lalu di Jakarta Selatan pertengkaran antar ormas pemuda yang disebabkan hal-hal sepele.
Komposisi Jakarta yang beragam ini lanjut Taufan merupakan tantangan terberat bagi Pemda DKI untuk visi “Maju Kotanya
Bahagia Warganya”.
Karena itu, kata alumnus pascasarjana UGM kebijakan publik ini mengharapkan ormas Pemuda bisa menjadi partner pemerintah untuk mewujudkan visi Gubernur Anies Baswedan.
Kesbangpol DKI mengajak 95 anggota ormas yang selama 3 hari mengikuti kegiatan di Cipayung ini untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalitas SDM mereka agar menjadi mitra handal yang diharapkan pemerintah.
Dalam bidang politik, kata Taufan, mengingat tahun depan kita akan memilih Presiden dan anggota Legislatif DPRD, DPR RI, dan DPD, Ormas juga diminta jaga iklim politik agar tetap kondusif. Caranya, yaitu dengan mengajak anggota ormas untuk tidak menyebarkan berita hoax, ujaran kebencian, blacj campaing dan mencegah money politik/
Termasuk Pada kesempatan itu, Taufan juga menginformasikan bahwa Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Jakarta saat ini menurut Balai Pusat Statistik (BPS) menempati peringkat pertama untuk IDI se-Indonesia. Peringkat tertinggi ini didapat karena Hal ini kita mampu menjalankan proses politik seperti contohnya Pilkada DKI Jakarta kemarin denga tertib, tenang, aman dan damai.
“Prestasi ini kata Taufan harus terus ditingkatkan. untuk itu di tahun 2019 diharapkan tidak ada anggota Ormas yang memilih sikap politik Golput alias tidak ikut memilih,” paparnya. (Zul)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY