LBH APIK: 68 Kasus KDRT di Sumut Selama 2018

LBH APIK: 68 Kasus KDRT di Sumut Selama 2018

96
0

MEDAN  – LEMBAGA Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (APIK) Medan mencatat, pada 2017 kasus kekerasan terhadap perempuan berjumlah 77 kasus dan 2018 berjumlah 68 kasus.

“Tahun 2018, kasus KDRT di Sumut menurun dari tahun sebelumnya,” kata Koordinator Pelayanan dan Bantuan Hukum LBH APIK Medan, Rasina Nasution kepada Analisadaily.com, Jumat (8/2).

Rasina menjelaskan, dari tahun ke tahun permasalahan kekerasan terhadap perempuan masih saja terus berlangsung. Berbagai faktor menjadi penyebab, salah satunya hukum yang tidak berpihak kepada perempuan maupun penegak hukum lainnya yang menangani permasalahan kekerasan terhadap perempaun.

“Selain itu, faktor utama terjadinya KDRT adalah kurangnya fondasi ketahanan dalam rumah tangga, ekonomi, komunikasi, yang paling kuat itu narkoba,” jelasnya.

Menurut Rasina, ragam kasus yang diadukan ke LBH APIK Medan terdiri atas KDRT, Perceraian, Pencabulan, Penganiayaan, Hak Asuh, Kekerasan Dalam Pacaran (KDP), Penipuan dan lainnya. (analisadaily.com)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY