Masyarakat Harapkan Tindak Lanjut BPOM Soal Uji Beras ke Polri

Jakarta – Beras plastik yang meresahkan masyarakat kini sedang diawasi pemerintah. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengatakan hasil uji sampel beras yang diduga berbahan plastik sudah diserahkan ke Kepolisian RI (Polri).

“Hasil uji sampel sudah kami berikan kepada Polri untuk ditindaklanjuti, namun hasilnya tidak bisa kami sampaikan,” kata Kepala BPOM Roy A. Sparringa di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin.

Ia menegaskan bahwa BPOM hanya menyampaikan hasil uji laboratorium yang diduga berbahan plastik, bukan memberikan rekomendasi.

Roy mengatakan bahwa sampel beras tersebut diuji kandungannya apakah terdapat bahan material plastik.

Kasus beras tiruan berbahan plastik mengemuka setelah ada laporan warga Bekasi, Jawa Barat, dan keterangan sejumlah orang di media sosial.

Kepolisian Sektor Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, sudah menutup sebuah kios beras yang diduga menjual beras sintetis di Pasar Mutiara Gading, Kecamatan Mustikajaya, pada 19 Mei.

Pemerintah memeriksa sampel-sampel beras untuk mengetahui keberadaan beras tiruan berbahan plastik dan dampaknya terhadap kesehatan.

Ditemui terpisah, Nuning, seorang ibu rumah tangga di Jatiengara Kaum, Jakarta Timur, Senin (25/5) ini mengharapkan agar BPOM segera menindaklanjuti hasil temuannya ini.

“Kami mengharapkan ada langkah konkrit dan soal uji beras plastik ini merupakan entry point bagi pemerintah untuk meneliti lebih lanjut soal keamanan pangan masyarakat,” kata ibu 2 anak ini. (zul)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *