oleh

Pakar: Wanita Obesitas Lebih Rentan Terkena Kanker Payudara

-Liputan-24 views

Jakarta, Wanita gemuk atau obesitas memiliki risiko 12 persen lebih tinggi terkena kanker payudara dibandingkan dengan perempuan dengan berat badan ideal.

Terlepas dari hubungan mendalam obesitas dengan kanker payudara dan dampak buruknya pada diabetes, penyakit jantung, dan hipertensi, obesitas juga dikaitkan dengan risiko lebih tinggi dari berbagai jenis kanker.

Dilansir Times Now News, kondisi tersebut mempengaruhi organ seperti kerongkongan, kardia lambung, tiroid, pankreas, usus besar, rektum, endometrium, prostat, kandung empedu dan ovarium.

Wanita-wanita pascamenopause harus berhati-hati dalam menjaga berat badan. Berdasarkan penelitian, perempuan postmenopause yang gemuk mengalami peningkatan risiko kanker payudara 20 persen hingga 40 persen dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan normal.

Mereka yang obesitas juga memiliki lebih banyak jaringan lemak dan kemungkinan terkena kanker payudara lebih tinggi dibandingkan mereka yang memiliki jaringan lemak yang meningkat karena meningkatnya kadar hormon steroid dalam tubuh. Juga, kadar insulin yang lebih tinggi meningkatkan risiko kanker payudara dan mereka yang obesitas cenderung memiliki tingkat insulin yang lebih tinggi.

Adapun beberapa penelitian telah menemukan bahwa obesitas menghasilkan tingkat peradangan kronis yang rendah. Kondisi ini dapat menghancurkan sistem kekebalan tubuh, menyebabkan kerusakan DNA sehingga meningkatkan kemungkinan perkembangan kanker payudara. Sementara, risiko kanker payudara lebih tinggi di antara wanita yang mengalami peningkatan berat badan saat dewasa.

Langkah pertama harus mengidentifikasi kebiasaan makan yang tidak sehat dan gaya hidup dengan bantuan ahli untuk merencanakan diet yang tepat dalam membantu penurunan berat badan. Olahraga teratur, berjalan dan menjaga diri tetap aktif sangat penting untuk mengembalikan bentuk tubuh dan mengurangi berat badan.

Kombinasi diet penurunan berat badan, olahraga, dan perawatan dapat membantu wanita mempertahankan berat badan normal dan menjaga obesitas, yang juga akan membantu menjaga risiko kanker payudara.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed