Paska Lebaran, Kesbangpol DKI Jakarta Gelar Bimtek Forum Kebangsaan

BOGOR –  BADAN Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta kembali menggelar kegiatan “Pelaksanaan Forum Kebangsaan (Bimtek) Angkatan IV Tahun 2019 di Hotel Grand Pesona, Caringin, Bogor, Rabu (13/6-2019).

Kegiatan yang dihadiri 100 peserta dari pelbagai etnis ini digelar selama 3 hari, Rabu-Jumat (13-16/6/2019) ini dimaksudkan sebagai forum silaturahmi untuk membahas isu-isu aktual tentang dinamika pembaruan di ibukota.

Dalam paparannya, Plt. Kepala Kesbangpol DKI Jakarta, Drs. Taufan Bakri, M.Si mengatakan dinamika pembaruan antar etnis yang tinggal di ibukota ini merupakan salah satu kajian yang selalu dikembangkan Pemda DKI Jakarta guna mengembangkan interaksi yang harmonis antar warganya.  Dengan komposisi penduduk yang multi etnis, multi bahasa, dan multi agama maka keragaman ini harus menjadi sumber kemajuan dan bukan sebaliknya menjadi sumber konflik.

“Bahasa yang berbeda bisa menimbulkan perbedaan dan perpecahan. Makanya, kita terus mengembangkan Bimtek Pembauran untuk warga Jakarta,” ujar Taufan.

Alumnus Fisipol UGM Jurusan Kebijakan Publik ini menjelaskan visi dan misi Gubernur DKI Jakarta yaitu “Bahagia Warganya dan Maju Kotanya” hanya akan terwujud jika warganya mampu mengembangkan rasa persaudaraan dalam interaksi kesehariannya.

Terkait ancaman pembauran bangsa, Taufan menerangkan ancaman itu bisa datang dari warga luar yang datang ke Jakarta dengan motif untuk melakukan kegiatan teror. Karena itu kepada kader-kader pembauran bangsa,  Taufan meminta agar memberitahu Pak RT jika ada warga pendatang yang dicurigai.

“Kita perlu menghidupkan kembali kegiatan Tamu Lapor 1×24 Jam guna menjaga kampung kita agar aman dan tenang,” gugahnya.

Kepada peserta Bimtek, Taufan juga menjelaskan pihaknya kini membina para Napitel (mantan Napi Teroris Intelektual) untuk hidup kembali normal.  Dari pembinaan Napitel ini diketahui bahwa untuk membuat bom itu tidak terlalu sulit dan  bahan-bahannya bisa didapatkan dari toko material bahan bangunan di dekat rumah kita.

“Para Napitel ini kita bina agar hidup normal dan menjauhi paham-paham teroris dan radikal,” paparnya.

Pada saat bersamaan, Plt. Kesbangpol DKI Jakarta juga menghimbau agar warga Jakarta tetap menjaga suasana yang kondusif karena ada kemungkinan warga dari luar Jakarta akan mendatangi Jakarta terkait keputusan Mahkamah Konstitusi soal Gugatan Pemilu.

Bimtek Forum Kebangsaan Angkatan IV Tahun 2019 juga dihadiri Kabid Idewasbang Kesbangpol DKI Jakarta, Asyiik Noorhilmani, M.SI dan Kabid Pembauran Bangsa, Herlina, Msi.   (Zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *