Paska MoU, Sestama BSSN Apresiasi Dukcapil

Paska MoU, Sestama BSSN Apresiasi Dukcapil

243
0

JAKARTA – SEKRETARIS Utama BSSN Syahrul Mubarak menyatakan rasa terima kasihnya kepada jajaran Ditjen Dukcapil Kemendagri yang berkenan memanfaatkan layanan sistem elektronik dari BSSN.

“Karena merupakan bagian dari kepercayaan, layanan yang berkaitan dengan sistem elektronik dan bagaimana perilaku dari pemanfaatan teknologi informasi ini ke depannya,” ungkapnya.

Dalam amanat Perpres Nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintah berbasis elektronik, mendorong instansi/lembaga pemerintah untuk pemanfaatan sistem elektronik sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing dengan aman.

“Di dalam pemanfaatan data dan informasi, ada dua hal yakni soal pengamanan dan jaringannya serta pengamanan terhadap konten,” jelas Syahrul.

Sistem elektronik ini bersifat rahasia, menjaga keotentikan naskah dokumen, sehingga BSSN menjamin keutuhan data kependudukan yang dimiliki Ditjen Dukcapil.

Perjanjian kerja sama ini menjadi dasar untuk penggunaan tanda tangan digital/elektronik pada sistem Administrasi Kependudukan.

“Pilot project yang dilakukan adalah penggunaan tanda tangan elektronik pada pembuatan akta kelahiran, akta kematian , surat pindah dan KK,” pungkas Syahrul yang diamini oleh Dirjen Dukcapil Prof. Zudan Arif Fakrulloh.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama yang dilaksanakan hari ini antara Dukcapil dan BSSN merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman tentang Keamanan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Pemanfaatan Data Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan dan KTP Elektronik dengan BSSN pada tanggal 19 November 2018 lalu di Jakarta antara Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Kepala BSSN.

Selanjutnya menurut Kapuspen Kemendagri Bahtiar, bahwa kita semua patut memberi dukungan kepada upaya kerja keras yg telah dilakukan oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri yang sukses melakukan berbagai inovasi pelayanan KTPel dan memperkuat ketahanan sistem teknologi. Seluruh Kementerian/Lembaga khususnya lembaga pemerintahan yg memberikan layanan seyogianya segera membangun kemitraan dengan Dukcapil Kemendagri untuk pemamfaatan data kependudukan dalam pelayanan publik. Caranya mudah, cukup pimpinan kementerian/lembaga dimaksud mengajukan surat permohonan kerjasama kepada Kementeriam Dalam Negeri. Dan kita harus obyektif memberi apresiasi bahwa upaya kerja keras yang transparan dengan dukungan masyarakat termasuk Pers dibawah kepemimpinan Mendagri Tjahyo Kumolo selama 4(empat) tahun terakhir ini telah sukses menyelamatkan program nasional KTP Elektronik yang semula bermasalah berhasil ditertibkan dan ditata ulang tatakelolanya hingga saat ini perekaman sukses mencapai 97,21%. Upaya kerja keras terus dilanjutkan dan mohon dukungan masyarakat untuk aktif melakukan perekaman KTP, datanglah kekantor dukcapil setempat dan terimakasih atas masukan perbaikan pelayanan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY