oleh

Perempuan Punya Cara Unik Hadapi Terorisme Ekstremisme

-Liputan-50 views

Malang, Srikandipp.com – Direktur AMAN Indonesia, Ruby Kholifah, mengungkapkan peran unik perempuan dalam menghadapi terorisme dan ekstrimisme, di forum Indonesia Peacebuilder Forum 2019 (IPBF 2019), di Malang, Selasa (26/11/2019).

Menurutnya,perempuan menjadi isu yang menarik oleh AMAN. Karena tidak pernah diangkat ke forum nasional atau ajang pembahasan di level pemerintah.

“Ini merupakan agenda yang belum banyak dibahas. Padahal, banyak sekali homework yang belum selesai. Padahal, perempuan memiliki cara yang unik dalam menghadapi itu semua. Inilah yang membuat AMAN tertarik,” jelas Ruby.

Dirinya juga menegaskan bahwa sangat disayangkan apabila hanya laki – laki yang banyak dilibatkan ketika mengatasi konflik.

Padahal, AMAN sendiri memiliki bukti kuat perempuan sangat mampu menjadi pelaku untuk mengatasi ekstrimisme atau terorisme.

Telah berdiri laboratorium perempuan di daerah – daerah. Ada Cerita di Aceh, Cerita di Palu, Cerita di Ambon, bahkan di Papua.

AMAN telah meng-cover kegiatan di 7 provinsi di Jawa, sebanyak 38 desa. Bahkan sudah sampai ke NTT dan Sumatra. “Bahkan yang ada di Papua itu memiliki record yang baik dalam melaksanakan rekonsiliasi,” ungkapnya

Ruby juga menceritakan bagaimana oeran perempuan di konflik Kendeng yang mampu menjadi contoh yang baik untuk mengatasi kekerasan.

“Saya kira perempuan di Indonesia sangat siap untuk menghadapi hal ini. Karena dilihat dari history-nya, kontribusi perempuan kuat banget. Dibandingkan dengan South Asia, Indonesia memiliki sejarah perempuan – perempuan yang kuat dalam menegakkan humanity, sosial, bahkan empowering woman,” papar Ruby.

Atas rekam jejak itulah Ruby yakin perempuan mampu menjadi agen yang kuat menghadapi terorisme dan ekstrimisme. “Maka dari itu saya sarankan pada pemerintah untuk tidak hanya meletakkan perempuan pada titik pencegahan saja. Tapi ditaruh di titik lain di mana penggalian konflik dan ranahnya lebih mendalam,” tutup Direktur AMAN Indonesia ini. (Timesindonesia.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed