Peringati Hari Lahir Pancasila, Srikandi PP Jateng Gelar Edukasi Dan Pemeriksaan IVA

Liputan427 views

SPP.com – Meningkatkan literasi masyarakat tentang kesehatan juga menjadi bagian dari kerja nyata Srikandi Pemuda Pancasila. Seperti yang dilakukan oleh DPW Jawa Tengah, yang mendukung penuh kegiatan pemeriksaan IVA oleh DPC Banyumas yang berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Pemkab Banyumas.

Ketua DPW Jawa Tengah, Srikandi Pemuda Pancasila, Monalisa Daniel menyampaikan dalam memperingati Hari Lahir Pancasila, DPC Banyumas Srikandi PP yang didukung penuh oleh DPW Jawa Tengah menggelar pemeriksaan IVA bagi masyarakat.

“Pemeriksaan IVA ini diselenggarakan dengan berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Pemkab Banyumas, karena memang pemeriksaan IVA ini merupakan hal yang dibutuhkan oleh para perempuan Indonesia, khususnya di seputar Banyumas,” kata Monalisa sebelum gelaran acara di mulai, Sabtu (3/6/2022).

Ia memaparkan tingginya tingkat kasus kanker mulut rahim yang ditemukan pada stadium lanjut merupakan salah satu penyebab kanker sulit untuk diobati.

“Padahal kalau ditemukan sejak dini, kanker mulut rahim pun bisa diobati dengan tingkat keberhasilan yang lebih baik dan nyawa perempuan dapat diselamatkan,” ucapnya.

Monalisa mengemukakan, keengganan warga perempuan untuk memeriksakan sejak dini, bisa dilatar belakangi oleh rasa takut hingga kurangnya edukasi terkait pentingnya pemeriksaan dini.

“Karena itu, kami sebagai pengurus Srikandi PP melakukan sosialisasi sejak awal minggu. Dan pemeriksaan ini terbuka untuk seluruh warga Jawa Tengah, bukan hanya Banyumas. Tidak hanya itu, kami pun ikut diperiksa. Agar masyarakat melihat, ternyata pemeriksaannya tidak sakit, tidak ada yang perlu ditakutkan,” ucapnya lagi.

Sosialisasinya sendiri, untuk wilayah Banyumas dilakukan melalui jaringan PKK Pemkab Banyumas dan untuk wilayah di luar Banyumas dengan mengandalkan sosial media milik Srikandi PP.

“Dalam sosialisasi acara ini, sekaligus juga diperkenalkan tentang Srikandi PP. Sehingga masyarakat tahu apa saja kegiatan yang dijalankan oleh Srikandi PP. Ini juga menjadi bagian agenda Srikandi PP Jawa Tengah untuk meningkatkan jumlah agenda,” kata Monalisa.

Acara ini ditargetkan bisa memeriksa 1.400 wanita sejak pukul 09.00 WIB.

“Semoga kegiatan ini semakin membuka wawasan perempuan Indonesia tentang Srikandi PP dan mau untuk bergabung agar kita bersama bisa mewujudkan apa yang menjadi cita-cita kita semua,” pungkasnya.

Pjs. Ketua DPC Banyumas, DR. Dra. Tri Wuryaningsih, MSi, yang merupakan Wakil Ketua DPW Jawa Tengah menyatakan kegiatan ini selain untuk merespon kebutuhan masyarakat, juga dalam rangkaian mempersiapkan Muscab.

“Saat ini kan DPC-nya belum ada. Masih kita persiapkan muscab-nya. Kemarin saya sampaikan ke Ibu Ketua DPW, untuk mengadakan kegiatan di Banyumas saja. Ibu Mona setuju,” kata Tri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *