oleh

Ramainya Yogyakarta Meski Muncul Ribuan Kasus Covid-19 Baru

SPPcom – Wisatawan dari berbagai daerah tetap antusias berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta, meski belakangan muncul ribuan kasus Covid-19 di sana. Pantauan Tempo pada Minggu, 13 Februari 2022, wisatawan memadati kawasan perkotaan hingga ke kabupaten. Salah satunya Kabupaten Sleman yang terletak di utara Kota Yogyakarta.

Wisatawan yang datang dengan naik bus atau kendaraan pribadi masuk ke seputaran Kaliurang dan spot bernuansa alam ke arah lereng Gunung Merapi. Mereka berhenti di tepian sungai Ledok Sambi hingga tempat kuliner bernuansa pedesaan asri seperti Kopi Klotok dan sekitarnya.

Sementara perkembangan kasus Covid-19 di Yogyakarta terus bertambah. Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DI Yogyakarta mengumumkan ribuan kasus baru pada Minggu, 13 Februari 2022. “Penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 di DI Yogyakarta hari ini sebanyak 1.010 kejadian, sedangkan kemarin (Sabtu, 12 Februari 2022) sebanyak 1.065 temauan,” kata juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DI Yogyakarta, Berty Murtiningsih. Berty menuturkan, rekor sumbangan kasus Covid-19 tertinggi masih disumbang Kabupaten Sleman, yakni sebanyak 463 kasus baru.

Sekretaris DI Yogyakarta Kadarmanta Baskara Aji mewanti-wanti wisatawan yang berlibur di Yogyakarta. Kendati sektor wisata di masa PPKM Level 3 Yogyakarta masih boleh jalan terus, ada sejumlah ketentuan harus ditaati. “Kami awasi betul destinasi wisata dan hotel supaya tidak menerima kunjungan melebihi kuota yang tercantum dalam kebijakan PPKM level 3,” ujarnya.

Aji menduga lonjakan kasus Covid-19 di Yogyakarta disebabkan penularan varian Omicron. Data terakhir menunjukkan sebanyak 73 kasus Omicron terdapat di Yogyakarta. Sementara pada Minggu, 13 Februari 2022, dari 910 sampel PCR-SGTF yang diperiksa, 801 sampel di antaranya dicurigai Omicron. “Kami minta pemerintah kabupaten dan kota menerapkan aturan sesuai PPKM Level 3. Termasuk pengecekan kesehatan penduduk,” kata dia.

Sumber: https://travel.tempo.co/read/1560547/wisatawan-tetap-memadati-yogyakarta-meski-muncul-ribuan-kasus-covid-19-baru/full&view=ok

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.