Sebar Hoax Soal Gempa, Perempuan di Pekanbaru Ditangkap

Sebar Hoax Soal Gempa, Perempuan di Pekanbaru Ditangkap

89
0

RIAU- SEORANG perempuan berinisial MA diamankan aparat Direktorat II Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau. Dia ditangkap karena diduga telah menyebarkan berita bohong soal gempa di akun Facebooknya.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau Kombes Pol Gidion Arif Setyawan mengatakan, pelaku diciduk di rumahnya Jalan Patin, Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau. Penangkapan berlangsung Rabu (3/10) kemarin sekitar pukul 13.00 WIB.

“Dia ditangkap di karena menyebar berita hoax soal gempa bumi besar. Di dalam postingannya, pelaku menulis akan ada gempa besar berkekuatan 8,6 skala richter,” ujar Gidion, Kamis (4/10).

Akibat postingan pelaku, masyarakat pun menjadi resah. Postingan hoax diunggah pelaku pada Selasa (25/9) lalu. Kemudian Sabtu (29/9), dan terakhir pada Selasa (2/10).

Polda Riau lantas melakukan langkah tegas dengan mengamankan pelaku. “Yang bersangkutan sudah kami periksa dan mintai keterangannya untuk menggali lebih dalam soal motif dan alasannya memosting hal tersebut,” beber Gidion.

Dengan ditangkapnya pelaku penyebar informasi hoax, Gidion berharap masyarakat agar lebih bijak lagi menggunakan media sosial. Sebab jika sudah meresahkan masyarakat, maka tindakan tegas dari polisi akan menunggu. “Dalam suasana duka seperti saat ini, tidak layak seseorang memanfaatkan momen yang menambah kepedihan dan duka di masyarakat,” tegas Gidion.

Untuk diketahui, MA mengunggah sebuah postingan dengan kata-kata ‘Ketahanan bumi ini sudah semakin lemah, karna terlalu banyak bangunan yg bertingkat2 dan dibuat jalan2 dan tol2 sehingga bencana bertubi2 datangnya, inkarna akhir zaman gempa demi gempa saling bersahutan di berbagai provinsi. Ini utk saling mengingatkan agar bertobatlah penghianat negara…dan Karna produksi BMKG JAKARTA dan jawa sekitarnya akan terjadi gempa susulan dg kekuatan 8,6 tetapi tidak tau kapan terjadinya…persiapan utk siaga saja.. dan berdoa semoga selamat dari bencana ini. (Jawapos.com)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY