oleh

Sindirian Menteri Yohana soal “Perempuan Hebat Ada di Balik Laki-laki Sukses”…  

-Liputan-16 views

Riau, Srikandipp.com – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise menyindir istilah yang menyebut bahwa perempuan hebat ada di balik seorang laki-laki sukses.

Sindiran itu disampaikan di hadapan para pekerja perempuan dan laki-laki di kawasan industri Bintan, Kepulauan Riau, Senin (7/10/2019).

Menurut Yohana, istilah tersebut tidaklah benar. Sebab, tempat perempuan tidak seharusnya di belakang laki-laki. Melainkan, keduanya harus berjalan beriringan.

“Bukan seorang laki-laki yang hebat di belakangnya ada perempuan hebat, perempuan tidak setuju kalau di belakang posisinya, harus di samping. Jadi sama-sama sekarang,” kata Yohana.

“Jadi di samping laki-laki yang hebat ada perempuan yang hebat,” lanjut dia.

Pernyataan Yohana itu mengundang tepuk tangan yang riuh dari para pekerja, perempuan maupun laki-laki. Yohana lantas meminta masyarakat untuk menghilangkan budaya patriarki. Baik perempuan maupun laki-laki diminta mengubah cara pikir mereka tentang dominasi kekuasaan laki-laki.

“Sekarang sudah saatnya kita mengubah mindset kita. Kaum laki-laki juga sudah saatnya mengubah mindset mereka. Budaya patriarki itu harus kita buang sedikit-sedikit,” ujarnya.

Yohana mengatakan, saat ini zaman terus berubah. Teknologi dan sains pun terus berkembang dan bergerak ke arah kemajuan. Oleh karenanya, di era global ini, perempuan dituntut untuk juga bekiprah dan maju. Yohana menyebut, suatu negara baru bisa disebut maju jika para perempuannya berpikir maju. Sebaliknya, suatu negara tidak akan bisa menjadi negara maju jika perempuan tak mau berkembang.

“Jadi perempuan menjadi indikator utama dalam memajukan suatu bangsa,” ujarnya. (Kompas.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed