Tahapan Perawatan Wajah Ala Perempuan Korea Selatan

Tahapan Perawatan Wajah Ala Perempuan Korea Selatan

73
0

Jakarta – Tak asing lagi, perempuan Korea Selatan terkenal akan kecantikan kulit wajahnya. Mereka berhasil mengenalkan K-beauty yakni sentuhan make-up tipis natural yang memberikan kesan kulit yang sehat, bening, dan mulus.

Tak hanya seputar make-up, K-beauty juga mencakup perawatan kulit. Lantas, rahasia apa yang dimiliki para perempuan Korea untuk merawat kulit wajah mereka dengan atau tanpa make-up?

Berikut langkah-langkah yang dilakukan perempuan Korea untuk miliki wajah sehat dan bening ala K-beauty yang bisa menjadi inspirasi skincaremu.

1) Bersihkan wajah

Rajin membersihkan wajah bisa terhindar dari berbagai masalah kulitRajin membersihkan wajah bisa terhindar dari berbagai masalah kulit (Foto: Istockphoto/skynesher)

Sebagaimana tahap awal skincare dari segala penjuru dunia, penting untuk membersihkan wajah dari make-up sebelum mencuci muka. Tahap ini memaksimalkan pembersihan wajah sebab tak cukup bila hanya mengandalkan cleanser atau sabun wajah.

Untuk perawatan kulit wajah di malam hari sebelum tidur, baiknya gunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak atau susu untuk memaksimalkan kotoran minyak dan residu make-up pada wajah terangkat.

2) Pembersihan ganda (Double cleansing)
Setelah membersihkan wajah dengan make-up remover atau micellar water, untuk perawatan malam hari gunakan sabun cuci muka berbahan dasar air untuk mengangkat kotoran dan minyak di pori wajah.Namun hal ini berbeda di pagi hari. Cukup basuh wajah dengan air untuk menjaga kelembapan kulit dan mengangkat kotoran ringan yang timbul di wajah saat tidur semalaman. Cukup dengan air, tanpa cleanser, untuk mempertahankan kelembapan dan meminimalisasi menempelnya bahan kimia pada wajah.

Mengutip Vogue, model Korea Selatan EZ mengungkap wejangan awet muda turun-temurun dari orang tuanya. ”

Salah satu tips kecantikan terpenting dari ibu adalah jangan terlalu sering mencuci muka, cukup saat malam. Kalau terlalu sering mencuci muka, muka akan kering. Bilas dengan air saja sudah cukup,” ujarnya.

3) Gunakan toner
Jangan lewatkan penggunaan toner yang memiliki banyak keuntungan. Toner berfungsi memaksimalkan kotoran pada pori-pori terangkat, menjaga keseimbangan pH kulit wajah, serta menghindari kulit dari kering dan iritasi.

Selain itu, toner berfungsi memaksimalkan proses penyerapan produk yang akan digunakan selanjutnya. Khusus perawatan saat malam, dua kali seminggu, bisa gunakan produk exfoliator berbahan beads sebelum toner. Beads mampu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori. Jika rutin menggunakannya, noda hitam dapat tersamarkan.

4) Beri nutrisi untuk wajah yang sehat dan kenyal 

Gunakan serum atau essence untuk menutrisi kulit wajah. Lagi-lagi, tahapan skincare ala perempuan Korea ini bertujuan untuk melembapkan kulit. Mungkinkah kulit yang lembap adalah rahasia kulit sempurna mereka? Mengacu pada sejumlah produk kecantikan ala Korea Selatan, nutrisi wajah terbagi atas tiga jenis, yaitu serum, essence, dan ampoule.

Serum berbahan seperti minyak dengan tekstur gel, berfungsi mencerahkan wajah dan menghilangkan noda hitam. Essence berfungsi melembapkan kulit dan bisa digunakan sebelum mengaplikasikan serum. Sedangkan ampoule berfungsi sama seperti serum dan essence, namun dalam kemasan botol kecil dengan dropper.

5) Gunakan eye cream

Tips Miliki Wajah Sehat dan Bening bak Perempuan Korea [EBG]Jangan lupakan krim mata dalam tahapan perawatan kulit agar mendapatkan wajah yang cerah dan sehat. (Pixabay/PublicDomainPictures)

Berhubung kulit di bagian bawah mata sangat tipis dan sensitif, beri perhatian khusus untuk bagian kulit wajah satu ini. Saking sensitifnya, bagian kulit bawah mata sangat mudah kering dan berkerut.

Aplikasikan krim mata pada bagian bawah dan sekitar tulang mata untuk menjaga kelembapan dengan menstimulasi produksi minyak alami pada kulit.

6) Pelembap

Kulit yang terjaga kelembapannya adalah kunci kulit wajah yang sehat. Untuk itu, penting untuk selalu menggunakan pelembap di pagi hari sebelum beraktivitas di luar rumah dan malam hari sebelum tidur.

Mengacu pada situs Cosmopolitan, pelembap alias moisturizer juga berkhasiat meremajakan kulit. Jika digunakan sebelum tidur, Anda akan bangun dengan kondisi kulit wajah segar, lembap, dan ternutrisi.

7) Lindungi dengan sunscreen

Tips Miliki Wajah Sehat dan Bening bak Perempuan Korea [EBG]Sunscreen adalah salah satu tahap perawatan wajah ala wanita di Korea Selatan terutama untuk menangkal sinar matahari yang bisa merusak kulit. (Istockphoto/bymuratdeniz)

Terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari bisa merusak kulit. Paparan sinar UV-nya bisa membuat sel-sel permukaan lapisan kulit rusak. Akibatnya kulit terbakar, timbul noda hitam, dan kerutan. Untuk mengantisipasi, gunakan sunscreen di pagi hari sebelum berkegiatan di luar rumah.

Sekilas, seperti tak ada perbedaan antara skincare ala K-beauty dengan perawatan kulit biasanya, bukan? Tentu saja ada. Melansir beragam situs kecantikan Korea Selatan, kelembapan selalu menjadi prioritas untuk menjaga kecantikan kulit wajah.

Blogger K-Beauty dan gaya hidup ala Korea Selatan di Sorabelle.com Vicky Lee menyebut terdapat empat langkah emas untuk memiliki wajah sehat dan bening ala K-beauty alias kulit secantik perempuan Korea: melembapkan, mengikis kulit mati, melindungi kulit dari matahari, serta makan dan istirahat cukup.

Untuk memiliki kulit sehat dan bening ala perempuan Korea, diperlukan ketelatenan dan jangan sampai melewatkan tips rahasia di atas agar hasilnya yang maksimal. Selamat mencoba, beauties. (CnnIndonesia.com)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY