Tak Perlu ke Gym, Dokter Timnas Perempuan Bagikan Tips Olahraga di Rumah

Tak Perlu ke Gym, Dokter Timnas Perempuan Bagikan Tips Olahraga di Rumah

177
0

Jakarta – Olahraga sejatinya bisa dilakukan kapan dan dimanapun. Namun tentu saja sebagian orang menganggap bahwa olahraga di pusat kebugaran lebih efektif dibandingkan olahraga di rumah.

Namun disampaikan Dr. Grace Joselini, selaku Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia Asian Games 2018, olahraga bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun termasuk menggunakan beban tubuh sendiri.

“Orang yang melakukan latihan fisik lebih produktif dua kali lipat dibandingkan yang tidak latihan fisik,” ujar dr Grace dalam temu media di Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Nah untuk mulai bergerak, dr Grace menambahkan, bisa dimulai dari hal kecil seperti membiasakan diri untuk menaiki tangga menuju ruangan. Di sela-sela menyelesaikan pekerjaan juga bisa diimbangi dengan berjalan di sekitar meja kerja sehingga tubuh tidak dibiarkan diam.

Ia juga menambahkan, berolahraga tidak harus dengan alat atau pergi ke tempat khusus. Gunakanlah meja untuk melakukan table push up atau melatih otot trisep. Atau lakukan wall squad saat membuka media sosial.

Lakukan gerakan-gerakan sederhana ini 15×3 set. Yang penting kita aktif karena aktif itu sebenarnya mudah, dan sehat itu gampang dicapai,” imbuhnya.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan resistance band atau karet untuk menambah beban saat melakukan gerakan workout. Dr Grace mencontohkan, Anda bisa menginjak resistance band menggunakan kaki kanan seraya menekuk tangan yang memegang handle resistance band. Lakukan gerakan serupa dengan kaki yang berlawanan.

“Bisa juga dengan menarik kedua ujung resistance band sampai posisi kedua tangan benar-benar lurus di depan. Gerakan ini bertujuan untuk melatih otot-otot yang ada pada punggung dan tangan,” imbuhnya.

Dr Grace menyarankan Anda yang pemula untuk mulai dengan resistance band yang ringan dan stretchy (melar) karena akan lebih mudah untuk direnggangkan. Kemudian, jika sudah terbiasa melakukan olahraga menggunakannya, maka barulah mencoba yang levelnya lebih ketat.

“Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak berolahraga di rumah. Karena kita bisa melakukannya sambil membaca buku atau hal lainnya tanpa perlu ke gym,” tandas Dokter Timnas Perempuan ini. (Suara.com./foto: ist)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY