Tips Agar Tetap Cantik di Bulan Puasa: Jangan Lupa Pakai Moisturizer Setelah Wudhu

Wanita216 views

Selama bulan Ramadan, menjaga kesehatan kulit menjadi tantangan tersendiri. Terutama dengan perubahan pola makan dan aktivitas harian yang berbeda, kulit dapat menjadi kering, kusam, atau bahkan berjerawat. Dokter kulit TikTok, Dr. Muneeb Shah memberikan tips skincare selama bulan Ramadan.

1. Pakai Moisturizer Lebih Sering
Selama berpuasa, kulit Anda dapat dengan mudah kehilangan kelembapan dan kekurangan hidrasi karena produksi cairan di tubuh berkurang. Terlebih lagi paparan air ketika berwudhu dapat memicu kulit semakin kering.

“Salat lima kali sehari dan berwudhu bisa sangat mengeringkan kulit. Pastikan menggunakan moisturizer setelah wudhu, karena itu sangat penting, jika tidak dapat mengiritasi skin barrier,” ungkap sang dermatologi, seperti dikutip dari BBC Asia.

2. Perawatan Kulit Sederhana
Banyak orang memodifikasi perawatan kulit mereka selama Ramadan. Tetapi Dr. Muneeb mengatakan bahwa tetap gunakan produk skincare basic.

“Pakailah moiturizer dan sunscreen (saat pagi hari) saat berpuasa,” sarannya.

Untuk malam hari, Dr. Muneeb menyarankan agar tetap menggunakan skincare berbahan aktif seperti retinol. Setelah itu, tutup dengan moisturizer.

Retinol dapat merangsang produksi kolagen sehingga dapat mengurangi garis halus. Selain itu, retinol juga membantu mengurangi hiperpegmentasi dan mencerahkan kulit.

3. Pola Makan Seimbang
Dr. Muneeb mengatakan bahwa banyak orang yang mengeluhkan bahwa kondisi kulit mereka memburuk selama Ramadan. Hal itu karena pola makan yang bisa jadi berubah secara signifikan.

Makan berat saat subuh, serta melewatkan kelompok makanan yang bergizi karena waktu makan yang terbatas, mungkin memiliki dampak negatif pada kulit. Dr. Muneeb menyarankan agar makan saat berbuka puasa tetap harus dikontrol. Menurutnya, bukan berarti tidak boleh makan makanan yang digoreng.

“Makanan digoreng tidak memiliki hubungan dengan jerawat tetapi makan apa pun secara berlebihan dapat memengaruhi kulit,” sarannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *