TNI Temanggung Ciptakan Alat Canggih Bidang Pertanian Pertama di Indonesia

TNI Temanggung Ciptakan Alat Canggih Bidang Pertanian Pertama di Indonesia

97
0

TEMANGGUNG – Bekerjasama dengan tim aeromodeling, Kodim 0706 Temanggung berhasil menciptakan sebuah inovasi baru di bidang pertanian, yakni alat penyemprot pupuk cair berupa drone yang didesain dengan teknologi cukup canggih dan diklaim menjadi yang pertama di Indonesia.

Dibutuhkan waktu selama beberapa bulan sejak April 2017 untuk menghadirkan produk yang diberi nama HOPE tersebut. Komponen yang digunakan sendiri mayoritas merupakan produk lokal meski untuk mesin utama harus didatangkan dari Tiongkok.

Dengan biaya produksi yang ditaksir seharga Rp 125 juta, produk canggih ini dapat kembali diproduksi secara cepat, sekitar 18 sampai 20 jam saja.

Menurut sang pencetus ide pembuatan yang tak lain Dandim 0706, Lektol Arm Yusuf Setiaji, sejauh ini sudah ada beberapa pihak yang melirik inovasi ini. Antara lain PTPN XII Jawa Timur,  PT Sanghyang Sri Jawa Barat, dan beberapa kota lain di luar Pulau Jawa.

Dengan teknologi auto pilot, drone ini mampu mengangkat beban hingga 75 kilogram dengan kapasitas atau daya angkut cairan sebanyak 16 liter. Keistimewaannya, jika biasanya secara manual dibutuhkan waktu hingga dua hari untuk penyemprotan satu hektare lahan pertanian, namun dengan drone ini cukup memakan waktu 10 menit saja.

Meski saat ini telah terdapat 10 rangkaian komponen siap rakit, namun pihaknya belum memikirkan untuk masalah komersialisasi atau pemasaran produk. Pasalnya, ia lebih senang apabila konsumen menggunakan jasa penyemprotannya saja.

“Lebih baik jasa penyemprotan yang kita jual, bukan unitnya. Tujuannya adalah untuk menyerap tenaga kerja yang lebih banyak,” pungkasnya. (van)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY