Visa Ajak Perempuan Bijak Kelola Keuangan Rumah Tangga hingga Asah Keterampilan

Visa Ajak Perempuan Bijak Kelola Keuangan Rumah Tangga hingga Asah Keterampilan

99
0

JAKARTA – VISA mendorong ribuan perempuan Indonesia untuk memiliki keterampilan dan pengetahuan mendasar dalam mengelola keuangan rumah tangga. Hal tersebut dilakukan melalui kampanye berupa lokakarya dan aktivitas media sosial dengan hashtag #IbuBerbagiBijak.

Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman mengatakan, Visa meyakini literasi keuangan menjadi bekal yang penting dalam mengelola keuangan. Visa menggaet 45.000 follower di media sosial dan menghasilkan 156 tulisan blog.

“Manajemen keuangan bukanlah ilmu yang dapat dikuasai dalam waktu semalam, tetapi perlu komitmen seumur hidup. Cara terbaik untuk mengasah keterampilan keuangan Anda adalah terus menggali pengetahuan dan mempraktikkan apa saja yang Anda pelajari,” ujar Riko dalam keterangan tertulis, Rabu (9/1/2019).

Kampanye #IbuBerbagiBijak Visa didukung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI). Acara ini berlangsung sejak Juli hingga Oktober 2018 dengan membahas berbagai topik, mulai dari membuat anggaran, menabung, berbelanja secara bijak, tips mendapatkan penghasilan tambahan, hingga tips bertransaksi nontunai yang aman.

Kegiatan lokakarya ini dilaksanakan dengan berkolaborasi bersama sejumlah organisasi perempuan yang berpengaruh seperti Dharma Wanita Persatuan Provinsi DKI Jakarta, HIMPAUDI (Himpunan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia), dan TP PKK (Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga).

Dengan acara tersebut, peserta belajar bersama-sama dalam mengelola keuangan rumah tangga dengan bijak, mulai dari financial check-up, investasi, menabung, hingga cara membuat anggaran. Dengan demikian, perempuan bisa mendapat penghasilan tambahan dengan memperbaiki keuangan keluarga.

“Program ini mengajarkan para perempuan untuk selalu memeriksa kondisi keuangan agar pengeluaran tidak melebihi pendapatan, menekan pengeluaran dengan memilah apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan, dan tak lupa untuk menyiapkan dana darurat untuk mengantisipasi kejadian yang tidak terduga,” kata Riko.

Founder Gammara Leather Gina Adityalugina menjadi salah satu pemateri yang ikut berbagi pengalaman pribadinya mengelola keuangan dan bisnis.

“Program ini sangat bermanfaat bagi para perempuan karena pengetahuan literasi keuangan sangat diperlukan untuk kehidupan sehari-hari,” kata Gina. Video Pilihan Saat Ahok Bernyanyi Lagu “Ibu” (DAD)  (Kompas.com)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY