Wanita Jadi Pengusaha di Bidang Teknologi, Kenapa Tidak?

PERUSAHAAN teknologi memang lebih didominasi oleh kaum adam, ternyata kaum hawa juga dibutuhkan loh di sana. Setelah bias gender menjadi pembahasan hangat di kalangan masyarakat, wanita malah semakin memalang buana dalam dunia bisnis atau pun pekerjaan lainnya.

Ketika Anda melihat susunan tenaga kerja saat ini, sulit untuk menarik kesimpulan lain selain kita membutuhkan lebih banyak keragaman gender dalam kepemimpinan. Membuat upaya sadar untuk menemukan dan mengangkat wanita berkualitas, terutama dalam peran keuangan teknologi adalah tempat yang baik untuk memulai.

Kebutuhan kaum wanita sebagai pemimpin bisnis dalam bidang teknologi kini semakin terasa. Jadi, untuk apa merasa sebagai minoritas dan mengurungkan niat untuk memulai bisnis di bidang teknologi wahai, Kaum Hawa?

Kualitas yang berharga

Meskipun kelangkaan wanita dalam peran kepemimpinan, tidak ada kekurangan penelitian tentang bagaimana pemimpin wanita memungkinkan bisnis berkinerja lebih baik di berbagai macam metrik. Mengapa demikian?

Hasil lansiran dari Entrepreneur.com, ada argumen yang harus dibuat bahwa mereka yang telah mengalami bias kemungkinan telah mengembangkan beberapa kualitas khas sebagai respons. Beberapa kualitas ini sangat berharga dalam peran kepemimpinan keuangan di perusahaan teknologi.

Kepemimpinan keuangan yang kuat sama pentingnya dengan perusahaan teknologi pemula seperti teknik, penjualan, atau operasi. Salah satu hal paling penting yang dilakukan keuangan dalam suatu organisasi adalah menggunakan data dan analisis untuk membantu para pemimpin bisnis melihat hal-hal yang mungkin tidak mereka lihat sebaliknya.

Uji coba dengan bias

Wanita di bidang keuangan, teknologi atau fintech menyaksikan banyak bias. Mereka hampir selalu kalah jumlah dengan lelaki di mana pun. Dalam keadaan seperti itu, tentu dalam diri Anda sering menyadari bahwa perspektif kelompok tidak hanya berbeda, tetapi itu juga merupakan kejutan bagi anggota kelompok lainnya bahwa setiap orang akan melihat sesuatu secara berbeda.

Dalam situasi ini, sangat sulit untuk menawarkan pendapat yang berbeda. Anda harus memiliki keberanian, fakta Anda menjadi dingin dan melakukan pekerjaan yang baik dalam mendengarkan dan memahami perspektif lain. Semua sementara mengakui Anda telah mempertimbangkan sudut pandang lain saat Anda mengartikulasikan sudut pandang Anda sendiri. Ini adalah kualitas hebat yang dimiliki seorang pemimpin keuangan.

Dua kali lebih baik

Satu studi dari pelamar untuk program fellowship dalam ilmu biomedis menemukan wanita harus 2,5 kali lebih produktif daripada pria untuk dilihat sebagai sama-sama kompeten.

Jadi, jika Anda mempertimbangkan untuk mempekerjakan seorang kandidat dari grup yang telah mengalami bias, utamanya wanita, kenali orang yang duduk di hadapan Anda mungkin harus bekerja lebih keras, mengatasi lebih banyak rintangan dan raih sedikit lebih banyak hanya untuk berkompetisi dalam kepemimpinan itu.

Jika perusahaan ingin berinovasi dan membedakan, mereka perlu mulai berpikir berbeda tentang tenaga kerja mereka. Tantang ide Anda tentang bagaimana para pemimpin melihat, berbicara, dan bertindak. Fokus pada kualitas yang membuat seseorang menjadi baik dalam sebuah peran. (wartaekonomi.co.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *