oleh

Hindari 5 Kesalahan-kesalahan ini dalam Membangun Bisnis Startup

srikandipp.com – Memulai bisnis tidak selalu mudah, apalagi membangun sebuah start up (perusahaan rintisan).  Membangun startup adalah sebuah perjalanan yang penuh tantangan dan rintangan. Ada begitu banyak hal yang harus dipikirkan dan diambil melalui keputusan. Membangun sebuah startup dapat dibilang penuh dengan tekanan. Tekanan tersebut dapat menyebabkan Anda mengambil langkah buruk, yang dapat merugikan potensi kesuksesan Anda.

Meskipun tidak ada rencana yang pasti untuk mencapai kesuksesan dalam memulai bisnis, pemilik startup kerap terjebak dalam beberapa kesalahan. beberapa kesalahan yang dilakukan dapat berdampak negatif pada bisnis mereka. Dilansir dari The Balance Money, berikut kesalahan-kesalahan saat membangun startup:

  1. Tidak berkomitmen

Jika Anda ingin membangun startup, maka Anda harus mempunyai komitmen yang kuat. Memulai bisnis memerlukan sejumlah karakter yang berorientasi pada kesuksesan seperti dorongan, dedikasi, dan rasa komitmen yang serius.  Pemilik startup harus rela keluar dari zona nyaman, berkorban, meluangkan waktu, dan menghadapi tantangan secara langsung. Jika tidak ada komitmen dalam diri, maka jangan berharap bisnis Anda akan sukses.

  1. Melewatkan Tahap Perencanaan

Dalam sebuah bisnis, perencanaan adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Perencanaan adalah awal dari segalanya, karena mencakup rencana bisnis, keuangan, dan pemasaran. Jangan sampai Anda melewatkan perencanaan. Tanpa rencana yang solid yang mencakup riset ide bisnis, dan potensi pasar, Anda akan beroperasi dalam kegelapan, Anda tidak bisa melihat ke depan.

  1. Tidak Membuat Tujuan Bisnis

Tujuan bisnis dapat memberi Anda arahan saat pertama kali memulainya. Tujuan bisnis akan membuat Anda tetap pada jalurnya selama pengoperasian sehari-hari. Anda harus mempertimbangkan konsep SMART dalam tujuan bisnis Anda. Dengan konsep SMART, Anda dapat mengidentifikasi ke mana Anda ingin pergi dan menguraikan langkah-langkah spesifik yang akan Anda ambil. Baca juga: 4 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membuat Rencana Bisnis

  1. Meremehkan Produk atau Layanan Sendiri

Seringkali, kurangnya rasa percaya diri terhadap kemampuan kita sendiri dan ketakutan akan kegagalan, menyebabkan kita memberikan harga yang terlalu rendah pada produk dan layanan kita. Ini akan merusak nilai bisnis Anda. Hal itu dapat berujung pada kefatalan. Anda harus percaya bahwa produk dan layanan startup Anda mempunyai nilai yang tinggi.

  1. Menghindari Teknologi yang Baru

Startup sangat membutuhkan teknologi. Teknologi dapat memberikan peluang baru, membantu kita melakukan pekerjaan dengan lebih efisien, dan bahkan membantu menghemat uang.  Teknologi baru mungkin terkesan mengintimidasi dan memerlukan waktu untuk mempelajari dan memahaminya. Namun jika kita tidak mau untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi dapat merugikan startup dalam jangka pendek maupun panjang.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *